Kamis, 09 Agustus 2012

ISI TAS SEORANG PENYULUH

Seorang Penyuluh Pertanian, sesuai fungsinya adalah sebagai mitra dari petani, dalam keadaan dilapangan penyuluh juga menjadi tempat bertanya bagi para petani, segala hal harus diketahui oleh seorang penyuluh, maka kadang menjadi kendala bagi seorang penyuluh jika harus mencari informasi sebanyak-banyaknya sedangkan media dan sumber informasi masih terbatas, apalagi tuntutan Penyuluh yang harus kolifalen dalam artian harus menguasai bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, perkebunan dan kehutanan sekaligus, memaksa seorang Penyuluh harus Kreatif dan Inovatif dilapangan. Berikut ini saya mencoba memberikan apa saja yang diperlukan seorang Penyuluh Pertanian, berdasarkan hasil pengalaman saya dilapangan, mungkin dari tulisan ini bisa memberikan gambaran kepada pihak pemerintahan untuk membantu Penyuluh dalam melengkapi isi tas seorang penyuluh.
  1. Netbook dan Modem
Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi terutama teknologi bidang pertanian sangat berkembang pesat, maka penyuluh harus jeli mencari informasi teknologi tersebut yang sesuai dengan karakteristik lahan yang bisa diterapkan diwilayah tugas penyuluh, jika hanya mengandalkan buku-buku dan majalah pertanian mungkin terasa sangat lambat. Sedangkan para petani modern sudah memanfaatkan Internet sebagai media pembelajaran, dengan harga yang sudah terjangkau mungkin sudah saatnya pemerintah mau membantu para penyuluh melengkapi alat yang satu ini.

         2  . PH Meter, Kompas dan Termometer

Mungkin Teman-teman Penyuluh sering mendapatkan pertanyaan dari petani "Saya mau budidaya tanaman ini, cocokkah saya kembangkan dilahan ini? Atau saat praktek membuat kompos atau mengunjungi Budidaya jamur "Suhu yang baik untuk kompos adalah sekian-sekian, atau sudahkah pas suhu kumbung jamur kami pak? atau mungkin juga saat survey lokasi dan pemetaan wilayah, mana koordinat yang dipakai? dari semua pertanyaan diatas, tentu kita tidak bisa hanya menerka-nerka berdasarkan insting kita, karna jika salah maka sangat fatal bagi petani. jika harus menjanjikan meminjam alat tersebut ke Dinas Instansi terkait, mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.

         3. HP Yang Bisa Dijadikan Proyektor (HP Proyektor)

Keberhasilan dalam penyampaian materi penyuluhan tentu harus mengunakan media yang menarik dan gampang digunakan oleh penyuluh. Alat satu ini saya dapat dari search di google, dilihat dari kegunaannya tentu sangat berguna bagi Penyuluh dalam menyampaikan materi. dibandingkan mengunakan Proyektor yang berat dan mahal mungkin alat ini bisa dijadikan pertimbangan, karena HP jenis ini sudah banyak dipasaran dengan kisaran harga 1jutaan. walau saya sangat tertarik membeli ini tapi sampai saat ini belum bisa membeli karna uangnya belum cukup..hehehehe.

              4. Kamera Digital
untuk alat yang satu ini sebenarnya bisa mengunakan handphone yang berkamera, tapi jika memiliki alat ini tentu dokumentasi dari kegiatan-kegiatan untuk pelaporan bisa dikelola secara baik.

          5. Alat Tulis dan Buku Catatan


Kalo yang satu ini tentu sudah pasti wajib ada dalam tas penyuluh, karna dengan senantiasa mencatat setiap hal kita bisa ingat apa yang telah kita pelajari dan kita lakukan " Itu pesan dari Kepala BP3K saya "

Dari kesemua hal diatas, yang penting adalah NIAT dan DEDIKASI kita sebagai seorang penyuluh, percuma juga kalo kita dibekali dengan segala fasilitas kalo dalam diri kita sendiri tidak ada niat untuk memanfaatkan semua fasilitas tersebut sebaik mungkin.
Semua ini adalah hasil pemikiran saya, mungkin banyak kekurangan dan kesalahan, kata orang bijak "lebih baik salah tapi mencoba dari pada hanya bisa protes dan komentar tetapi tidak mau mencoba"

"Salam Penyuluh Pertanian Seluruh Indonesia"

0 komentar:

Posting Komentar