Selasa, 19 November 2013

Vaksinasi Pada Ayam Kampung Atau Buras

HAL YANG DIPERHATIKAN SEBELUM VAKSINASI


Hal-hal yang perlu diperhatikan pada waktu vaksinasi adalah : (1) ayam yang akan divaksinasi harus dalam keadaan sehat, (2) alat-alat yang akan digunakan harus steril (spuit, pipet dan botol pencampur direndam dalam air mendidih selama 5 menit), (3) vaksin tidak boleh kena sinar matahari langsung dan harus disimpan di tempat dingin (kulkas, termos es), (4) vaksin yang telah dicampur lebih dari 4 jam jangan digunakan lagi,  (5)  gunakan  vaksin  sesuai  dengan  petunjuk  pemakaian,  (6)  waktu  vaksinasi sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari dan di tempat yang teduh.


BAHAN - BAHAN DAN PERALATAN VAKSINASI



Bahan-bahan  yang  digunakan  vaksin  ND  ,  pelarut,  yaitu  aquades  atau  Nael Fisiologis, alat-alat spuit, pipet, botol pencampur.

PROSEDUR VAKSINASI

Prosedur pelaksanaan  vaksinasi  :  (1) alat-alat  disterilkan,  (2).  larutkan  vaksin dengan pelarut, caranya pada tutup botol pelarut tusukan jarum suntik kemudian bukalah botol vaksin. Ambil sedikit pelarut, masukkan ke botol vaksin kocok dengan hati-hati hingga seluruh vaksin larut betul. Bila sudah larut sempurna masukkan ke dalam botol pencampur, dan bilas botol vaksin dengan sisa pelarut. Jumlah pelarut yang digunakan sesuai petunjuk, (3) lakukan vaksinasi untuk anak teteskan pada mulut atau mata anak ayam, dengan menggunakan pipet sebanyak 1 tetes atau suntikan ke dalam otot dada sebanyak 0,5 cc untuk ayam umur 1- 4 bulan dan 1 cc untuk ayam umur 4 bulan ke atas.


Program vaksinasi penyakit ND pada ayam buras :

Periode
vaksinasi
Umur Ayam
Jenis
vaksin
Dosis dan aplikasi
Pertama (I)
1-4 hari
Strain F
1 tetes lewat mata
Kedua (II)
3-4 minggu
Strain F
1 tetes lewat mata
Ketiga (III)
2-3 bulan
Strain K
0,5 dosis suntikan pada otot
Keempat (IV)
5-6   bulan,   diulang
setiap 6 bulan
Strain K
1dosis suntikan pada otot





0 komentar:

Posting Komentar